Profile



Nama Perusahaan         : PT KEPURUN PAWANA INDONESIA
Lokasi perusahaan        : Ds. Kepurun, Kec. Manisrenggo, Kab. Klaten, Jawa Tengah
Tahun Berdiri                : 1997


Visi, Misi dan Strategi
 

PT KEPURUN PAWANA INDONESIA memiliki Visi, Misi dan Strategi bisnis sebagai berikut :

1.      Visi Perusahaan

Diakui sebagai perusahaan nasional yang bertumbuh kembang , unggul, terpercaya dan memberikan manfaat bagi umat manusia dan lingkungan dengan bertumpu pada kekayaan sumber daya alam dan insani tanah air Indonesia.

2.      Misi Perusahaan

1.      Menjalankan dan mengembangkan usaha jasa konsultasi dan Training Center Agribisnis serta Agroindustri dan bidang usaha lain yang terkait, berorientasi kepuasan masyarakat atau pelanggan , anggota perusahaan dan pemegang saham.

2.      Mengupayakan agar Agribisnis dan Agroindustrimenjadi pendorong kegiatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

3.      Membantu pengembangan kegiatan usaha Agribisnis dan Agrooindustri yang berwawasan lingkungan dan kelestarian alam.

4.      Membantu pengembangan wilayah atau daerah pedesaan berbasis pada potensi, kearifan, budaya dan keunggulan lokal berwawasan global.

3.      Strategi Perusahaan

Menjalankan dan mengembangkan usaha jasa konsultasi dan Training Center Agribisnis dan Agroindustri dengan mengacu pada konsep “Pertanian Indonesia Harmoni Alami dan Lestari” (PERIHAL), yakni usaha pertanian atau agro dalam pengertian luas berbasis sistem dan manajemen Agrobisnis dan Agroindustri dengan didukung Information & Comunication Technology dengan tetap memperhatikan kelestarian alam, lingkungan hidup, kultur, kearifan lokal namun juga berwawasan global.

Menjalankan usaha-usaha agribisnis dan agroindustri dalam skala kecil dan menengah (UKM) yang sehat, unggul, dapat diandalkan dan terus berkembang sebagai wujud implementasi program-program usaha jasa consultans, training centre, communication dan information centre, juga dimaksudkan sebagai suatu model usaha agribisnis dan agroindustri yang selanjutnya akan dapat diduplikasi atau direplikasi untuk dikembangkan ke daerah atau wilayah lain dengan berbasis pada potensi, kearifan, budaya, dan keunggulan lokal masing-masing daerah atau wilayah setempat.

Hasil yang diharapkan desa-desa diseluruh tanah air mampu mengenali jati diri, menggali segenap potensi yang dimiliki untuk dikelola menjadi usaha yang prospektif, menguntungkan, sehat, unggul,dapat diandalkan dan terus berkembang mendorong terwujudnya kesejahteraan wilayah/daerah, alam, lingkungan, masyarakat lahir maupun batin.
Sejarah Perusahaan

PT Kepurun Pawana Indonesia (PT KPI) adalah badan usaha (perseroan) swasta nasional, afiliasi Yayasan Pendidikan & Kesejahteraan PT PLN (PERSERO) yang berdiri pada tanggal 28 Oktober 1997 berdasarkan akte notaris H.Daliso Rudianto,SH, notaris dan PPAT di Yogyakarta, nomor: 22, tanggal 28 Oktober 1997.
Berdirinya PT KPI didasarkan pada pemikiran dan kenyataan potensi alam dan SDM tanah air Indonesia yang begitu besar serta kondusif bagi usaha pertanian, peternakan, dan perikanan, namun belum dikelola secara optimal ; sehingga didirikannya PT KPI disamping dimaksudkan untuk mengelola serta mengembangkan secara optimal potensi SDA dan SDM Indonesia, melalui usaha-usaha : Pertanian, Petrenakan dan Perikanan dengan mengacu pada sistem dan manajemen agribisnis yang baik dan benar yang akan memberikan hasil optimal demi kesejahteraan para stake holder : Konsumen, Customer, Karyawan, Pemegang Saham, Masyarakat, Bangsa dan Tanah Air Indonesia.
Nama PT KPI merupakan gabungan dari 3 (tiga) kata yakni :
v  Kepurun : Nama desa dimana kegiatan usaha PT KPI dipusatkan, terletaj dilereng gunung Merapi dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, termasuk wilayah kec. Manisrenggo, kab. Klaten, Jateng.
v  Pawana : Kata dalam bahasa Sanskerta berarti angin.
v  Indonesia : Negara, tanah tumpah darah tercinta.
Dengan menggabungkan ketiga kata tersebut menjadi Kepurun Pawana Indonesia, para penggagas dari Kepurun akan bertiup air segar yang memberi harapan membangun kehidupan untuk masa depan yang lebih baik ke seluruh pelosok tanah air Indonesia.
PT KPI merupakan realisasi peran PT PLN (Persero) yang disamping sebagai BUMN, dituntut meraih keuntungan bagi negara, namun juga harus menjalankan fungsi sosial yakni sebagai agen pembangunan.
PT KPI merupakan badan usaha dibawah binaan PT PLN (Persero) khususnya Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan (YPK) PT PLN (Persero). PT KPI, pada awalnya merupakan perusahaan yang dibentuk sebagai program kemitraan antara swasta dan BUMN (PT PLN (Persero) ) yang diperkuat melalui kerjasama dengan perguruan tinggi (UGM). Program-program usaha PT KPI yang senantiasa berlandaskan hasil pengkajian teknologi yang dalam penerapannya diharapkan mampu menghasilkan produk-produk yang bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani dan peternak. Di masa datang diharapkan usaha PT KPI dapat berkembang merambah sektor dalam arti luas.
Unit Jasa Pelatihan merupakan “ke-khas-an” PT KPI. Unit Jasa Pelatihan berupaya melatih dan mengembangkan SDM bagi para pengelola perusahaan maupun masyarakat luas khususnya di sektor agribisnis maupun disektor yang lain. Hal ini dilakukan mengingat kualitas SDM di tanah air pada umumnya masih belum dapat diandalkan. Dengan demikian, disamping menjalankan usaha-usaha yang profit oriented, PT KPI juga memiliki komitmen untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan masyarakat luas di lapangan agribisnis. Sehingga maju dan berkembangnya PT KPI juga berarti maju dan berkembangnya pengetahuan dan ekonomi masyarakat petani dan peternak.                                  
                    
Struktur Organisasi Dan Pemegang Saham.

1. Pemegang Saham
       Pemegang saham mayoritas PT Kepurun Pawana Indonesia adalah Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero) sebanyak 53% dan sebagian dimiliki oleh perorangan (Ir. Djiteng Marsudi) sebanyak 47%.      

2.Struktur Organisasi.
         Pada PT Kepurun Pawana Indonesia dipimpin oleh seorang Direktur Utama yang membawahi Direktur Administrasi dan Umum, Direktur Operasi dan Pemasaran, Direktur keuangan, dan Tenaga Ahli. Dimana setiap direktur dibantu oleh manajer dari setiap bagian yaitu :
1. Direktur Administrasi dan Umum dibantu oleh Manajer Diklat dan Konsultan dan Manajer Administrasi Umum dan Personalia dimana setiap manajer membawahi beberapa bagian yaitu :

1.1 Manajer Diklat dan Konsultan :

1. Bagian Diklat

2. Bagian Konsultan

1.2 Manajer Administrasi Umum dan Personalia

1. Bagian Administrasi dan Personalia

2. Bagian Kesekretariatan dan Umum

3. Bagian keamanan

2. Direktur Operasi dan Pemasaran dibantu oleh Manajer Produksi dan Manajer Pemasaran dimana setiap manajer membawahi beberapa bagian yaitu :

2.1  Manajer Produksi

1.Bagian Ternak
2.Bagian Pertanian
3.Bagian Pengolahan
4.Bagian Perikanan
2.2  Manajer Pemasaran
1 Bagian Pemasaran
2.Bagian Promosi dan Customer Service
3. Direktur Keuangan dibantu oleh Manajer Keuangan dimana membawahi beberapa bagian yaitu :
1.      Bagian Keuangan
2.      Bagian Akuntansi
3.      Bagian Gudang